Indonesian Journal of School Counseling: Theory, Application, and Development
Volume 2 Nomor 1 Tahun 2022

Mengatasi Kejenuhan Belajar Peserta Didik selama Masa Pandemi Covid-19 melalui Konseling Kelompok dengan Pendekatan Solution Focused Brief Counseling (SFBC)

Mukhsinah Saleh (SMPN 4 Bissappu)
Abdul Saman (Universitas Negeri Makassar)
Saniasa Saniasa (SMAN 5 Makassar)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2023

Abstract

Kebijakan pembelajaran daring selama pandemi COVID-19 menjadi solusi utama agar proses pembelajaran tetap dapat berlangsung. Namun dalam pelaksanaannya terdapat kendala dan kekurangan. Banyak fenomena yang menunjukkan terjadinya kejenuhan belajar dikalangan peserta didik selama masa pandemi COVID-19 salah satunya di SMP Negeri 4 Bissappu. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengatasi kejenuhan belajar peserta didik selama masa pandemi COVID-19 melalui  konseling kelompok  dengan pendekatan Solution Focused Brief Counseling (SFBC). Konseling kelompok meliputi 4 tahapan yaitu, Tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap inti dan tahap pengakhiran. Kegiatan konseling kelompok ini melibatkan 1 orang Guru BK dan 6 orang peserta. Hasil dari kegiatan konseling kelompok dengan pendekatan SFBC  membantu peserta didik mendapatkan solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi dan fokus pada pemecahan masalahnya bukan mengorek tentang penyebabnya, membantu konseli mengembangkan dirinya dalam mengatasi masalah yang sedang dihadapi yaitu kejenuhan belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ijosc

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of School Counseling: Theory, Application, and Development merupakan jurnal ilmiah yang dikelola secara Peer Review, diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar, dengan p-ISSN: 2775-1708 dan e-ISSN: 2775-555X ...