Tujuan pengembangan media pembelajaran berbasis video adalah untuk mengetahui tingkat validitas dan kepraktisan media pembelajaran berbasis video pada materi sistem pernapasan manusia kelas XI MIPA di SMA Negeri 8 Takalar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development) serta model pengembangan ADDIE. Tahapan ADDIE teridiri dari 5 tahap yaitu (1) Analysis (Analisis), (2) Design (Perancangan), (3) Develop (Pengembangan), (4) Implementation (Implementasi), (5) Evaluation (Evaluasi). Data hasil penilaian dari validator ahli menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan layak untuk digunakan karena nilai validitas produk memperoleh rata rata 4,45 (valid). Kepraktisan media diperoleh nilai 5,00 (sangat praktis) oleh guru dan diperoleh nilai 4,47 (praktis) oleh peserta didik. Berdasarkan penilaian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video pada materi sistem pernapasan manusia kelas XI SMA yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023