SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 15, No 1: Juni 2023

IDENTITAS MATEMATIS: STUDI KASUS PADA MAHASISWA AKUNTANSI

Fadhil Zil Ikram (Universitas Sulawesi Barat)
Rosidah Rosidah (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2023

Abstract

Identitas matematis merupakan salah satu aspek yang penting untuk dimiliki mahasiswa, baik itu mahasiswa di jurusan matematika maupun yang non-matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan identitas matematis yang dimiliki mahasiswa akuntansi. 59 mahasiswa terlibat sebagai partisipan dalam survei yang dilakukan untuk kategorisasi identitas matematis. Peneliti kemudian melakukan wawancara dengan dosen terkait 1 mahasiswa dengan identitas matematis positif dan 1 mahasiswa dengan identitas matematis negatif. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan tiga tahapan utama yaitu kondensasi data, tampilan data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa mahasiswa dengan identitas matematis positif dan negatif memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Perbedaan tersebut mulai pengetahuan, kemampuan, serta minat dan motivasi. Mahasiswa dengan identitas matematis positif memiliki prestasi matematika yang lebih tinggi dibandingkan mahasiswa dengan identitas negatif. Hal ini ditandai dengan frekuensi menjawab pertanyaan atau soal, nilai, dan tingkat kesulitan soal yang dapat dijawab. Selain itu, mahasiswa dengan identitas matematis positif lebih antusias dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran matematika dibandingkan mahasiswa dengan identitas matematis negatif yang sekadar hanya ingin menggugurkan kewajiban untuk mengikuti perkuliahan. Mahasiswa dengan identitas matematis positif cenderung lebih berinisatif dan mandiri.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

The aim of this journal is to publish research in mathematics education including teaching and learning, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, and educational development from many kinds of research such as survey, research and development, ...