Pendidikan karakter merupakan topik penting dalam pendidikan karena terkait dengan banyaknya proses kemerosotan moral yang terjadi di masyarakat. Pengembangan karakter merupakan tanggung jawab bersama yang harus dimulai dari rumah, kelas, dan masyarakat. Pendidikan karakter harus dimulai sejak usia dini. Salah satu upaya untuk membangun karakter anak selama tidak dalam pengawasan orang tua dan kerabat dekat lainnya adalah melalui Full Day School disarankan sebagai. Berdasarkan argumen tersebut, peneliti bermaksud melakukan penelitian untuk mengetahui pembentukan Karakter Pancasila Siswa dengan penerapan sistem Full Day School. Pendekatan penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif ini akan dilaksanakan di SMK Negeri 2 Jombang, dan kegiatan penelitian akan diawali dengan: 1) pengamatan, 2) wawancara, dan 3) kuesioner. Hasil menunjukkan penerapan sistem Full Day School berdampak pada pembentukan karakter pelajar Pancasila, dibuktikan dengan enam elemen karakter pelajar Pancasila yang, diantaranya adalah: (1) keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan akhlak mulia, (2) kebhinekaan global, (3) gotong royong, (4) kemandirian, (5) nalar kritis, dan (6) kreativitas, semua berada pada kategori baik.
Copyrights © 2023