Membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan, yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata- kata atau bahasa tulis. Siswa MI masih mengalami kesulitan untuk menyebutkan huru-huruf dalam kalimat, menyebutkan suku kata dalam kalimat, dan membaca kalimat dengan lafal yang benar. Untuk mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut, maka peneliti menggunakan media buku cerita bergambardalam pembelajaran membaca. Tujuan penelitian tindakan kelas ini yaitu untuk mengetahui gambaran tentang meningkatkan kemampuan membaca menggunakan media buku cerita bergambar pada siswa kelas I MI Miftahul Ulum Jombok Kesamben Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang meliputi pra siklus, siklus I dan siklus II. Penelitian ini terdiri atas 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 24 siswa. Data penelitian dikumpulkan menggunakan beberapa instrumen yaitu observasi, interview, dokumentasi, tes lisan dan lembar angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data penelitian kemampuan membaca siswa pada pra-siklus, siklus I, dan siklus II terlihat adanya peningkatan nilai. Sebelum dilakukan tindakan nilai rata-rata membaca sebesar 64,29. Pada siklus I terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata 68,12 dan siklus II sebesar 79,16. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media buku cerita bergambar mampu meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa kelas I MI Miftahul Ulum Jombok Kesamben Jombang.
Copyrights © 2023