Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh permainan Colour March pada perkembangan sensori anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian study kasus karena untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang pengalaman dan persepsi anak-anak terkait dengan permainan colour march. Partisipan penelitian terdiri dari lima belas anak usia dini usia antara empat sampai lima tahun di TK Kartini Bulak. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara, dan pencatatan lapangan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis tematik. Hasil dari penelitian ini adalah peningkatan perkembangan sensori anak dan meningkatkan kreativitas karena mereka bisa mencoba membuat warna baru dengan mencampur beberapa warna. Anak-anak merespon permainan dengan baik. Selain itu peralatan dan bahan yang digunakan mudah ditemui, sehingga permainan ini menjadi media pembelajaran yang sederhana. Oleh karena itu pembelajaran sains dengan permainan Colour March dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan sensori anak.
Copyrights © 2023