ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Vol 13, No 2 (2023): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Kompetensi Pedagogik Di Era Society 5.0: Sebuah Tinjauan Dalam Perspektif Pedagogik Kritis

Sindi Ladya Baharizqi (Universitas Pendidikan Indonesia)
Tatang Muhtar (Universitas Pendidikan Indonesia)
Yusuf Tri Herlambang (Universitas Pendidikan Indonesia)
Fazrul Prasetya Nur Fahrozy (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan bagaimana Kompetensi Pedagodik di era society 5.0: Sebuah tinjauan dalam perspektif Pedagogik Kritis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat studi literatur (library research). Tujuan dari penulisan artikel ini mengkaji mengenai pedagogi kritis dalam pendidikan, pedagogi kritis ini diartikan sebagai teori pendidikan dan praktik pembelajaran yang dirancang untuk meningkatkan kesadaran kritis siswa terhadap situasinya sendiri, sehingga memperoleh kebebasan untuk belajar. Karena pedagogi kritis membimbing guru untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna. Guru harus menguasai berbagai jenis pengetahuan, seperti pengetahuan akademik, pedagogik, sosial dan budaya. Guru harus mampu berpikir kritis, merespon perubahan dan memecahkan masalah. Adapun artikel yang digunakan merupakan artikel keluaran 10 tahun terakhir dan berindeks. Berdasarkan hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa pedagogik kritis penting bagi guru dalam mencapai tujuan pembelajaran serta berdasarkan studi pustaka pedagogik kritis dapat mencapai tujuan pendidikan.Keywords: Kompetensi Pedagogik, Era Scociety 5.0, Pedagogik Kritis.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Article written for the journal includes research result education, learning, and public service at preschool and primary ...