E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 14, No 2 (2023): E-DIMAS

Penerapan Digital Marketing pada UMKM “ESM Collection” di Kota Surabaya

Nanang Shonhadji (Universitas Hayam Wuruk Perbanas)
Evi Sistiyarini (Universitas Hayam Wuruk Perbanas)
Sholikha Oktavi Khalifaturofiah (Universitas Hayam Wuruk Perbanas)
Moch. Anang Karyawan (Universitas Hayam Wuruk Perbanas)
Miftahul Adi Suminto (Universitas Hayam Wuruk Perbanas)
Emma Yulianti (Universitas Hayam Wuruk Perbanas)
Jowi Ratna Sari (Universitas Hayam Wuruk Perbanas)
Safrinda Dwika Maulani Haqni (Universitas Hayam Wuruk Perbanas)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Fenomena Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ESM Collection sampai saat ini masih belum memaksimalkan strategi pemasaran dengan digital marketing yang sangat diperlukan dalam situasi saat pandemi maupun pasca pandemi Covid 19. Penjualan masih banyak dilakukan secara konvensional menunggu pembeli datang ke rumah, ke workshop ataupun melalui pameran. Tujuan program pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah memberikan pelatihan dan pendampingan guna meningkatkan pemahaman, pengetahuan dan kemampuan digital marketing, merancang content digital marketing untuk produk ESM Collection dan memberikan pendampingan penguasaan penjualan online. Mitra dalam program ini aadalah UMKM ESM Collection yang terletak di Semolowaru Surabaya dengan produk kreatif seperti tas, dompet, kap lampu, payung dan kipas yang terbuat dari kertas semen bekas. Metode pelaksanaan program pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah melakukan pendampingan dan pelatihan penggunaan digital marketing melalui aktivitas mempersiapkan konten sosial media, redesain konten, melakukan pendampingan penggunaan digital marketing dan pelaporan pelaksanaan kegiatan. Hasil program pengabdian masyarakat ini adalah UMKM ESM saat ini telah memiliki akun dan mampu menggunakan media sosial youtube.com, facebook dan instagram sebagai strategi digital marketing. Melalui pemanfaatan media sosial yang optimal oleh UMKM mitra dapat memberikan alternatif pengenalan dan pemasaran produk yang tidak hanya menunggu pembeli datang ke rumah atau memanfaatkan media pameran kolektif. Hasil lain yang dicapai menginformasikan bahwa mitra sudah mampu melakukan transaksi penjualan berbasis online.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

e-dimas

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat), dengan nomor ISSN 2087-3565 (cetak) dan ISSN 2528-5041 (online) adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang. Jurnal E-Dimas merupakan jurnal yang ...