Sora Journal of Mathematics Education
Vol 2 No 2 (2021): Sora Journal of Mathematics Education

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL, DL, EL DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Deeng, Vernel (Unknown)
Domu, Ichdar (Unknown)
Tilaar, Anetha T. F (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi antara model pembelajaran (Problem Based Learning, Discovery Learning, dan Expository Learning) dan gaya belajar (Visual, Auditorian dan Kinestetik) . subjek penelitian ini adalah kelas VII A, VII B, dan VII C SMP Advent 04 Paal Dua Manado tahun ajaran 2020/2021. Gaya belajar siswa ditentukan menggunakan angket dan hasil belajar siswa menggunakan instrument tes materi aritmatika social. Setiap kelas diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran PBL, Discovery learning, dan expository learning. Analisis data menggunakan menggunakan analisis varians dua arah. Hasil penelitian menunjukan bahwa interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar mempengaruhi hasil belajar siswa. Siswa yang memiliki gaya belajar visual memiliki hasil belajar yang maksimal jika diterapkan model pembelajaran PBL, siswa yang memiliki gaya belajar Auditorial memiliki hasil belajar yang maksimal jika diterapkan model pembelajaran Ekspository learning, dan siswa yang memiliki gaya belajar Kinestetik memiliki hasil belajar yang maksimal jika di terapkan model pembelajaran PBL, sehingga Penerapan model pembelajaran yang disesuaikan dengan gaya belajar yang tepat bisa memaksimalkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sora

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Sora Journal of Mathematics Education is provided for writers, teachers, students, professors, and researchers, who will publish their research reports or their literature review articles (only for invited contributors) about mathematics education and its instructional. Start from October 2020, this ...