Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Vol. 13 No. 2 (2023): Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS SISWA TUNAGRAHITA MENGGUNAKAN METODE SAS

Panji Logowo (Unknown)
Herman Budiyono (Universitas Jambi)
Ade Kusmana (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan penerapan metodeSAS menggunakan kartu huruf untuk meningkatkan pembelajaranmembaca dan menulis siswa tunagrahita kelas X SLBN Kota Jambi Jenispenelitian yang digunakan ialah penelitian tindakan kelas. Sumber datapenelitian ini ialah siswa penilaian unjuk kerja, dan arsip atau dokumenrencana pelaksanaan pembnelajaran dan hasil pekerjaan membaca danmenulis siswa), sedangkan data penelitian ini ialah hasil membaca danmenulis siswa permulaan kelas X. Teknik pengumpulan data dilakukandengan cara teknik tes dan teknik nontes. Untuk memvalidasi datapeneliti menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data yangdigunakan ialah teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkanbahwa penggunaan metode SAS menggunakan media kartu huruf siswatunagrahita SLBN Kota Jambi dapat meningkatkan kemampuanmembaca dan menulis. Sebanyak 7 orang siswa tunagrahita dengankemampuan kecerdasan yang berbeda tidak semuanya berhasil, karenamemang butuh proses dan waktu yang lama. Namun masih adapeningkatan pada siklusnya dan mampu mencapai nilai dengan predikatcukup. Penelitian selanjutnya dibutuhkan untuk menganalisisketidakberhasilan dalam penggunaan metode ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

literasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini diberi nama LITERASI, nama tersebut dipilih sebagai upaya untuk tetap menjadikan keterampilan berbahasa sebagai landasan pengembangan ilmu pengetahuan. Seperti sebuah pernyataan “bahasa sebagai penghela ilmu pengetahuan”. Jurnal LITERASI diterbitkan oleh Prodi Pendidikan ...