Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)
Vol. 3 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), Edisi Januari - Juni 2023

Penerapan Metode Brainstorming melalui Media dari YouTube pada Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Topik Disiplin Diri di Kelas VII-3 Semester 1 SMPN 4 Bolo Tahun Pelajaran 2022/2023

Siti Hawa (SMP Negeri 4 Bolo, Bima, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2023

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mendeskripsikan penerapan dan dampak metode Brainstorming dengan media dari YouTube pada Layanan Bimbingan Klasikal untuk meningkatkan pemahaman siswa pada topik disiplin diri di Kelas VII-3 Semester 1 SMPN 4 Bolo Tahun Pelajaran 2022/2023. Subyek penelitian ini adalah siswa VII-3 sebanyak 32 siswa, terdiri dari 15 laki-laki  orang dan 17 orang perempuan. Hasil evaluasi pada pra siklus, pemahaman disiplin diri siswa menunjukkan ketuntasan klasikal dan kinerja guru berada pada 62,50%, dimana persentase ini dibawah indikator keberhasilan yaitu ≥ 90%. Kemudian, metode Brainstorming dengan media dari YouTube pada Layanan Bimbingan Klasikal dilakukan pada subyek pada siklus 1. Hasil asesmen siklus 1, persentase pemahaman siswa ketuntasan klasikal 78,13% dan kinerja guru 75%. Hasil ini belum mencapai standar keberhasilan penelitian yang ditetapkan, yaitu  ketuntasan klasikal pemahaman siswa tentang disiplin diri ≥ 90% dan kinerja guru 90% dengan kriteria “Sangat Baik”. Penelitian dilanjutkan ke siklus 2. Hasil siklus 2 diperoleh ketuntasan klasikal 90,63% dan skor kinerja guru 93.75%. Ketuntasan klasikal telah mencapai indikator keberhasilan ≥ 90%, demikian pula kinerja guru telah mencapai indikator kinerja dan termasuk dalam kriteria “Sangat Baik”. Peningkatkan pemahaman  siswa disebabkan oleh peningkatan aktivitas, interaksi guru dan siswa dalam proses pembelajaran di kelas dengan metode Brainstorming dengan media dari YouTube yang dilaksanakan guru. Dengan demikian, pelaksanaan penelitian perbaikan pembelajaran hanya sampai siklus 2, dan penelitian dianggap telah berhasil.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) dengan p-ISSN: 2797-2879 dan e-ISSN: 2797-2860 merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran yang menerbitkan artikel hasil kajian teori dan hasil penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan sekolah dasar, satuan ...