Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mendeskripsikan penerapan dan dampak metode Brainstorming dengan media dari YouTube pada Layanan Bimbingan Klasikal untuk meningkatkan pemahaman siswa pada topik disiplin diri di Kelas VII-3 Semester 1 SMPN 4 Bolo Tahun Pelajaran 2022/2023. Subyek penelitian ini adalah siswa VII-3 sebanyak 32 siswa, terdiri dari 15 laki-laki orang dan 17 orang perempuan. Hasil evaluasi pada pra siklus, pemahaman disiplin diri siswa menunjukkan ketuntasan klasikal dan kinerja guru berada pada 62,50%, dimana persentase ini dibawah indikator keberhasilan yaitu ≥ 90%. Kemudian, metode Brainstorming dengan media dari YouTube pada Layanan Bimbingan Klasikal dilakukan pada subyek pada siklus 1. Hasil asesmen siklus 1, persentase pemahaman siswa ketuntasan klasikal 78,13% dan kinerja guru 75%. Hasil ini belum mencapai standar keberhasilan penelitian yang ditetapkan, yaitu ketuntasan klasikal pemahaman siswa tentang disiplin diri ≥ 90% dan kinerja guru 90% dengan kriteria “Sangat Baik”. Penelitian dilanjutkan ke siklus 2. Hasil siklus 2 diperoleh ketuntasan klasikal 90,63% dan skor kinerja guru 93.75%. Ketuntasan klasikal telah mencapai indikator keberhasilan ≥ 90%, demikian pula kinerja guru telah mencapai indikator kinerja dan termasuk dalam kriteria “Sangat Baik”. Peningkatkan pemahaman siswa disebabkan oleh peningkatan aktivitas, interaksi guru dan siswa dalam proses pembelajaran di kelas dengan metode Brainstorming dengan media dari YouTube yang dilaksanakan guru. Dengan demikian, pelaksanaan penelitian perbaikan pembelajaran hanya sampai siklus 2, dan penelitian dianggap telah berhasil.
Copyrights © 2023