Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) tahapan pemberdayaan pemuda melalui kesenian ketoprak di Paguyuban Seni Gedongtengen, (2) pelaksanaan pemberdayaan pemuda melalui kesenian ketoprak di paguyuban seni gedongtengen dan, (3) faktor Pendorong dan penghambat pemberdayaan pemuda melalui seni ketoprak di pagyuban seni gedongtengen. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. SettingĀ penelitian ini dilaksanakan di Paguyuban Seni Gedongtengen Kecamatan Gedongtengen Yogyakarta dengan subjek penelitian pengurus, pelatih, dan anggota kelompok ketoprak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pemberdayaan pemuda yang dilakukan terdiri dari tahap penyadaran dan pembentukan perilaku, tahap transformasi dan pelatihan keterampilan, serta tahap peningkatan kemampuan intelektual dan keterampilan, (2) pelaksanaan pemberdayaan yang dilakukan dengan perencanaan dan identifikasi kebutuhan, pelaksanaan pelatihan ketoprak, dan evaluasi, (3) faktor pendukung yaitu faktor tempat belajar dan dukungan dari keluarga. Adapun faktor meliputi faktor bakat, motivasi, dan tingkat kecerdasan.
Copyrights © 2022