cover
Contact Name
Adin Ariyanti Dewi
Contact Email
adinariyantidewi@uny.ac.id
Phone
+6285746876152
Journal Mail Official
jscepls22@gmail.com
Editorial Address
Jl. Colombo No. 1 Karangmalang Depok Sleman Yogyakarta
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Journal of Society and Continuing Education
ISSN : 29874955     EISSN : 29876613     DOI : https://doi.org/10.21831
Journal of Society and Continuing Education. Journal periodically published three times in January, May, and September. Contains writings raised from the results of research and critical analysis studies in the fields of: 1. Non-formal Education 2. Community Empowerment 3. Social Innovation 4. Human Resource Development 5. Social Entrepreneurship 6. Informal Education 7. Internship and Training
Articles 85 Documents
Pemberdayaan Pemuda melalui Seni Ketoprak sebagai Upaya Mempertahankan Kesenian Tradisional di Kecamatan Gedongtengen Yogyakarta Irfan Arifahrudin
Journal of Society and Continuing Education Vol 3, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jsce.v3i2.19427

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) tahapan pemberdayaan pemuda melalui kesenian ketoprak di Paguyuban Seni Gedongtengen, (2) pelaksanaan pemberdayaan pemuda melalui kesenian ketoprak di paguyuban seni gedongtengen dan, (3) faktor Pendorong dan penghambat pemberdayaan pemuda melalui seni ketoprak di pagyuban seni gedongtengen. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Setting  penelitian ini dilaksanakan di Paguyuban Seni Gedongtengen Kecamatan Gedongtengen Yogyakarta dengan subjek penelitian pengurus, pelatih, dan anggota kelompok ketoprak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pemberdayaan pemuda yang dilakukan terdiri dari tahap penyadaran dan pembentukan perilaku, tahap transformasi dan pelatihan keterampilan, serta tahap peningkatan kemampuan intelektual dan keterampilan, (2) pelaksanaan pemberdayaan yang dilakukan dengan perencanaan dan identifikasi kebutuhan, pelaksanaan pelatihan ketoprak, dan evaluasi, (3) faktor pendukung yaitu faktor tempat belajar dan dukungan dari keluarga. Adapun faktor meliputi faktor bakat, motivasi, dan tingkat kecerdasan.
Pemberdayaan Remaja Korban Penyalahgunaan Napza Melalui Bimbingan Keterampilan di BRSAMPK Antasena Magelang Alfi Sa’adah
Journal of Society and Continuing Education Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jsce.v1i1.19061

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pemberdayaan remaja korban penyalahgunaan napza melalui bimbingan keterampilan di BRSAMPK Antasena Magelang. (2) Mendeskripsikan hasil pemberdayaan remaja korban penyalahgunaan napza melalui bimbingan keterampilan di BRSAMPK Antasena Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek dari penelitian yaitu pengelola, pekerja sosial dan penerima manfaat BRSAMPK Antasena Magelang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan dalam keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Bentuk pemberdayaan remaja korban penyalahgunaan napza di BRSAMPK Antasena Magelang melalui kegiatan bimbingan keterampilan pokok yaitu servis motor, servis elektronik, dan las. Keterampilan pilihan yaitu kerajinan kayu, komputer, pangkas rambut, home industry, dan dekorasi. (2) Hasil pemberdayaan di BRSAMPK Antasena Magelang adalah penerima manfaat dapat melakukan servis kecil, bongkar pasang motor, pekerjaan las dan pangkas rambut.
Kebutuhan Program Eduwisata Taman Bacaan Masyarakat Lusi Febriarti Puspitasari; Entoh Tohani
Journal of Society and Continuing Education Vol 4, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jsce.v4i2.19461

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui kebutuhan program eduwisata TBM Teras Baca Guyub Rukun dan diperoleh rencana program pendidikan pokdarwis berbasis eduwisata TBM. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Pengelola TBM, tutor, masyarakat, dan ahli. Setting dalam penelitian adalah aktivitas TBM. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data didukung oleh triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kebutuhan program eduwisata TBM berupa pembentukan kelompok sadar wisata (Pokdawis). (2) diperoleh rencana program pendidikan pokdarwis berbasis eduwisata yang terdiri dari (a) input (b) proses (c) output, dan (d) outcome. Oleh karenanya, perlu ada tindakan pemberdayaan TBM dari hasil penelitian yang telah dilakukan terutama program pendidikan pokdarwis berbasis eduwisata.
Peran Kader Bina Keluarga Remaja Dalam Upaya Pembinaan Pola Asuh Terhadap Remaja di Dusun Kepundung, Giripurwo, Girimulyo, Kulon Progo Dina Nur Anggraeni
Journal of Society and Continuing Education Vol 2, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jsce.v2i2.19196

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan peran kader bina keluarga remaja dalam upaya pembinaan pola asuh terhadap remaja dalam keluarga di Dusun Kepundung, Giripurwo, Girimulyo, Kulon Progo. (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat kader bina keluarga remaja dalam menjalankan perannya di Kelompok Bina Keluarga Remaja di Dusun Kepundung, Giripurwo, Girimulyo, Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif jenis studi kasus. Metode pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran kader Bina Keluarga Remaja dalam upaya pembinaan pola asuh: (a) sebagai pembina/penyuluh, yakni memberikan pembinaan/penyuluhan kepada orangtua dan remaja mengenai pola asuh dan berbagai hal berkaitan dengan remaja; (b) sebagai motivator, memberikan motivasi/penguatan kepada orangtua dalam mengasuh remaja; (c) sebagai fasilitator, yakni memberikan sarana dan prasarana penunjang kegiatan BKR; (d) sebagai katalisator, yakni memberikan penyadaran masyarakat supaya berpikiran terbuka, mendapatkan pengetahuan dan wawasan baru mengenai remaja dan pengasuhannya melalui program kegiatan; (e) sebagai perencanaan dan pendataan, yakni merencanakan program kegiatan untuk satu tahun periode berdasarkan panduan dari BKKBN dan mendata anak usia remaja dari data pedukuhan. Faktor pendukung dan penghambat peran kader Bina Keluarga Remaja dalam upaya pembinaan pola asuh: (a) faktor pendukung peran: partisipasi masyarakat/anggota,kader,dan mitra BKR yang aktif; pendanaan dari kas sampah yang dibawa setiap pertemuan dan dana pemerintah yang dapat mencukupi semua kegiatan; kerjasama dengan lembaga lain dalam pelaksanaan program kegiatan BKR; sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan. (b) faktor penghambat peran: kesibukan dari kader dan anggota di kegiatan lain; jumlah kader terlatih sedikit.
Program Menghafal Al-Qur’an Juz 30 melalui Metode One Day One Color bagi Anak Usia 7-11 Tahun di TPA Al Amin Wonosobo Sita Fitri Najiyah
Journal of Society and Continuing Education Vol 4, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jsce.v4i1.19455

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Bagaimana cara pelaksanaan program menghafal Al Qur’an Juz 30 Melalui Metode One Day One Color, (2) Faktor pendukung dan penghambat Program Menghafal Al-Qur’an Juz 30 Melalui Metode One Day One Color. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pengelola/ketua, ustadz/ustadzah TPA Al Amin, dan santri TPA Al Amin.  Setting penelitian ini adalah Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) Al Amin. Teknik pengumpulan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode dan sumber data. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bagaimana cara pelaksanaan program menghafal Al Qur’an Juz 30 Melalui Metode One Day One Color melalui tiga tahap, yaitu: (a) Tahap menghafal Al-Qur’an menggunakan metode One Day One Color dengan model Tahfidzh dengan arahan , bimbingan dan pemberian motivasi pentingnya menghafal Al Qur’an(b) Tahap menghafal Al-Qur’an menggunakan model Bin-Nazhar dan Takrir (muraja’ah) surat yang di hafal dengan diberikan cara menghafal Al Qur’an, Pratik menghafalkan dan mengulang hafalan yang sudah dihafalkan (c) Tahap Talaqi (penyetoran) hafalan dan Tasmi’ ke ustad dan ustazahsurat yang di hafal dengan buku prestasi untuk milihat kelancaran dalam menghafal lancar atau ulang. (2) faktor pendukung dan penghambat: (a) faktor pendukungnya yaitu kerjasama dengan takmir masjid Al Amin, dukungan wali santri dan dukungan masyarakat sekitar, (b) faktor penghambatnya yaitu kemampuan yang berbeda-beda pada santri, santri yang jarang mengaji sehingga ketinggalan hafalan,masih jarang santri yang melakukan muraja’ah dirumah.
Proses Pendampingan Korban Kekerasan dalam Rumah Tangga di UPT P2TP2A (Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak) Yogyakarta Rizka Dwita Andini
Journal of Society and Continuing Education Vol 2, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jsce.v2i1.19166

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses pendampingan korban kekerasan di Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan Dan Anak (P2TP2A) Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan : 1) Proses pendampingan korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di UPT P2TP2A, 2) Faktor pendukung dan penghambat proses pendampingan korban kekerasan rumah tangga (KDRT) di UPT P2TP2A. Penelitan ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pengelola, konselor dan klien di UPT P2TP2A. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti sebagai instrumen dalam penelitian dengan dibantu oleh pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Proses pendampingan korban kekerasan dalam rumah tangga di UPT P2TP2A Kota Yogyakarta meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. 2) Faktor pendukung dalam proses pendampingan korban kekerasan dalam rumah tangga di P2TP2A Kota Yogyakarta adalah kesabaran pendamping dalam melakukan pendampingan terhadap korban kekerasan, hubungan kelembagaan atau kemitraan, partisipasi korban, dukungan dari keluarga korban dan lingkungan sekitar korban. Kemudian dalam upaya mendukung proses pendampingan agar maksimal bagi klien yaitu diberikannya pelayanan yang optimal berupa pelatihan- pelatihan yang memberdayakan , ruang drop in, pendampingan yang nyaman, layanan olahraga berupa senam sehat agar lebih rileks dan bugar. 3) Faktor penghambat dalam proses pendampingan adalah : ketidak hadirannya klien dalam proses pendampingan tersebut, ketidakpastian klien akan keputusannya, fasilitas yang belum memadai seperti belum adanya mobil antar jemput klien, belum adanya shelter, dan belum tersedianya website.
Penerapan Program Pembelajaran Luar Sekolah pada Jalur Pendidikan Formal Di SD Negeri Brosot Galur Kulon Progo Diah Kurniasari
Journal of Society and Continuing Education Vol 3, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jsce.v3i1.19355

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan mendeskripsikan tentang: (1) bentuk dan manfaat program pembelajaran luar sekolah, (2) faktor pendukung dan penghambat pembelajaran luar sekolah.. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu guru, pendidik/pendamping pembelajaran luar sekolah, peserta pembelajaran luar sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah komponensial secara induktif dengan metode interaktif yang meliputi: pengumpulan, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) bentuk program pembelajaran luar sekolah di SD Brosot yaitu outbond, field trip dan ekstrakurikuler. Manfaat yang diperoleh setelah mengikuti program pembelajaran luar sekolah ini adalah siswa dapat menimba ilmu dengan metode pembelajaran yang menyenangkan sehingga mengurangi rasa bosan. Siswa juga dapat mengembangkan bakat dan minat diri secara maksimal serta meraih prestasi dari hasil belajar bersama pendamping/pendidik pembelajaran luar sekolah. (2) Faktor pendukung pembelajaran luar sekolah: adanya keterlibatan dari pihak sekolah dan orangtua/wali siswa; antusiasme siswa terhadap program pembelajaran luar sekolah; fasilitas dari sekolah untuk menunjang pembelajaran luar sekolah. Faktor penghambat: kurangnya SDM pendidik/pendamping pembelajaran luar sekolah yang berkompeten dan waktu pembelajaran luar sekolah masih belum mencukupi untuk memaksimalkan kegiatan pada ekstrakurikuler kemataraman.
Pemberdayaan Pemuda melalui Usaha Ekonomi Produktif di Karang Taruna Taman Bina Karya Desa Tamanmartani Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman Atika Hani Listyati
Journal of Society and Continuing Education Vol 3, No 3 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jsce.v3i3.19437

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Proses Pemberdayaan Pemuda melalui Usaha Ekonomi Produktif di Karang Taruna Taman Bina Karya, 2) Hasil Pemberdayaan Pemuda melalui Usaha Ekonomi Produktif di Karang Taruna Taman Bina Karya, dan 3) Faktor Pendukung dan Penghambat Pemberdayaan Pemuda melalui Usaha Ekonomi Produktif di Karang Taruna Taman Bina Karya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian adalah pengurus, anggota dan koordinator usaha. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan peneliti melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Proses pemberdayaan pemuda melalui usaha ekonomi produktif di Karang Taruna Taman Bina Karya dilakukan dengan lima tahapan yaitu tahap analisis kebutuhan, tahap penyadaran, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi/penilaian. 2) Hasil pemberdayaan pemuda melalui usaha ekonomi produktif di Karang Taruna Taman Bina Karya meliputi kecakapan vokasional, kecakapan sosial, kecakapan personal, dan kecakapan akademik. 3) Faktor pendukung pemberdayaan pemuda yaitu pihak pemerintah Desa Tamanmartani, Kader PKK Desa, pamong Desa, sumber daya manusia, dan proposal kegiatan Karang Taruna. Faktor penghambatnya adalah waktu dan kepentingan pemuda yang berbeda-beda, pelatihan kewirausahaan masih kurang, pengetahuan tentang pembukuan usaha masih minim, dan pelaksanaan acara di Desa yang diadakan pagi hari.
Pola Pengasuhan Anak Usia Dini Pada Orang Tua Pekerja di Satuan PAUD Sejenis (SPS) Cempaka Kuning, Glondong, Wirokerten Adhien Wandani; Fitta Ummaya Santi
Journal of Society and Continuing Education Vol 1, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jsce.v1i3.19091

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola pengasuhan orang tua pekerja, faktor pendukung dan penghambat dalam pola pengasuhan anak usia dini, cara mengatasi masalah atau hambatan yang terjadi dalam mengasuh anak usia dini, dan perilaku anak dilihat dari pola pengasuhan yang diterapkan para orang tua pekerja terhadap anak usia dini yang bersekolah di Satuan Paud Sejenis (SPS) Cempaka Kuning, Glondong, Wirokerten. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 8 orang yang merupakan pasangan keluarga pekerja. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi teknik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pola pengasuhan yang diterapkan oleh orang tua pekerja terhadap anak usia dini yang bersekolah di SPS Cempaka Kuning, Glondong mengacu pada pola pengasuhan demokratis, namun terdapat 1 ayah pekerja yang menerapkan pola pengasuhan demokratis-permisif. (2) faktor penghambat orang tua pekerja dalam mengasuh anak usia dini yaitu waktu, rasa lelah, permasalahan dalam pekerjaan, dan suasana hati yang tidak menentu baik dari orang tua maupun suasana hati anak. (3) faktor pendukung orang tua pekerja dalam mengasuh anak usia dini yaitu adanya peran pasangan dalam mengasuh dan mendidik anak serta rasa tenggungjawab dan rasa sayang orang tua pada anak usia dini. (4) perilaku ank usia dini dalam pergaulan ialah aktif, ceria, senang bergaul, mampu menyelesaikan permasalahannya sendiri serta terbuka dengan orang tua, meskipun terkadang anak akan menangis, merengek, hingga mengamuk saat keinginannya tidak terpenuhi.
Program Pemberdayaan Petani melalui Kewirausahaan Tani oleh Koperasi AMBOY Kabupaten Bantul Nisa Qurrotu Aini
Journal of Society and Continuing Education Vol 2, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jsce.v2i3.19314

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Pelaksanaan program pemberdayaan petani melalui kewirausahaan tani oleh Koperasi AMBOY Kabupaten Bantul, (2) Hasil program pemberdayaan petani melalui kewirausahaan tani oleh Koperasi AMBOY Kabupaten Bantul, (3) Mengetahui faktor penghambat dalam pelaksanaan kegiatan yang diselenggarakan oleh Koperasi AMBOY Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian adalah ketua koperasi, pengurus koperasi, dan anggota koperasi. Penentuan subyek dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukanna bahwa: (1) Melaksanaan program pemberdayaan melalui analisis kebutuhan yang disesuaikan dengan potensi lingkungan, peningkatan pengetahuan dan keterampilan melalui pendidikan dan pelatihan, dan pendampingan melalui diskusi. (2) Hasil dari program pemberdayaan petani melalui kewirausahaan tani adalah terciptanya kemandirian anggota koperasi dalam menjalankan kewirausahaan tani, meningkatkan penghasilan dan pengetahuan, menjalin relasi yang luas. (3) Faktor penghambat dalam melaksanakan kegiatan berasal dari faktor internal meliputi keinginan, kemampuan, usia, dan faktor eksternal meliputi minimnya sarana dan prasarana, terbatasnya alat produksi dan minimnya dana.