Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Bagaimana cara pelaksanaan program menghafal Al Qur’an Juz 30 Melalui Metode One Day One Color, (2) Faktor pendukung dan penghambat Program Menghafal Al-Qur’an Juz 30 Melalui Metode One Day One Color. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pengelola/ketua, ustadz/ustadzah TPA Al Amin, dan santri TPA Al Amin. Setting penelitian ini adalah Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) Al Amin. Teknik pengumpulan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode dan sumber data. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bagaimana cara pelaksanaan program menghafal Al Qur’an Juz 30 Melalui Metode One Day One Color melalui tiga tahap, yaitu: (a) Tahap menghafal Al-Qur’an menggunakan metode One Day One Color dengan model Tahfidzh dengan arahan , bimbingan dan pemberian motivasi pentingnya menghafal Al Qur’an(b) Tahap menghafal Al-Qur’an menggunakan model Bin-Nazhar dan Takrir (muraja’ah) surat yang di hafal dengan diberikan cara menghafal Al Qur’an, Pratik menghafalkan dan mengulang hafalan yang sudah dihafalkan (c) Tahap Talaqi (penyetoran) hafalan dan Tasmi’ ke ustad dan ustazahsurat yang di hafal dengan buku prestasi untuk milihat kelancaran dalam menghafal lancar atau ulang. (2) faktor pendukung dan penghambat: (a) faktor pendukungnya yaitu kerjasama dengan takmir masjid Al Amin, dukungan wali santri dan dukungan masyarakat sekitar, (b) faktor penghambatnya yaitu kemampuan yang berbeda-beda pada santri, santri yang jarang mengaji sehingga ketinggalan hafalan,masih jarang santri yang melakukan muraja’ah dirumah.
Copyrights © 2023