Journal of Society and Continuing Education
Vol 2, No 1 (2021)

Proses Pendampingan Korban Kekerasan dalam Rumah Tangga di UPT P2TP2A (Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak) Yogyakarta

Rizka Dwita Andini (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses pendampingan korban kekerasan di Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan Dan Anak (P2TP2A) Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan : 1) Proses pendampingan korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di UPT P2TP2A, 2) Faktor pendukung dan penghambat proses pendampingan korban kekerasan rumah tangga (KDRT) di UPT P2TP2A. Penelitan ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pengelola, konselor dan klien di UPT P2TP2A. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti sebagai instrumen dalam penelitian dengan dibantu oleh pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Proses pendampingan korban kekerasan dalam rumah tangga di UPT P2TP2A Kota Yogyakarta meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. 2) Faktor pendukung dalam proses pendampingan korban kekerasan dalam rumah tangga di P2TP2A Kota Yogyakarta adalah kesabaran pendamping dalam melakukan pendampingan terhadap korban kekerasan, hubungan kelembagaan atau kemitraan, partisipasi korban, dukungan dari keluarga korban dan lingkungan sekitar korban. Kemudian dalam upaya mendukung proses pendampingan agar maksimal bagi klien yaitu diberikannya pelayanan yang optimal berupa pelatihan- pelatihan yang memberdayakan , ruang drop in, pendampingan yang nyaman, layanan olahraga berupa senam sehat agar lebih rileks dan bugar. 3) Faktor penghambat dalam proses pendampingan adalah : ketidak hadirannya klien dalam proses pendampingan tersebut, ketidakpastian klien akan keputusannya, fasilitas yang belum memadai seperti belum adanya mobil antar jemput klien, belum adanya shelter, dan belum tersedianya website.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pls

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Journal of Society and Continuing Education. Journal periodically published three times in January, May, and September. Contains writings raised from the results of research and critical analysis studies in the fields of: 1. Non-formal Education 2. Community Empowerment 3. Social Innovation 4. Human ...