Journal of Society and Continuing Education
Vol 3, No 3 (2022)

Pemberdayaan Pemuda melalui Usaha Ekonomi Produktif di Karang Taruna Taman Bina Karya Desa Tamanmartani Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman

Atika Hani Listyati (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Proses Pemberdayaan Pemuda melalui Usaha Ekonomi Produktif di Karang Taruna Taman Bina Karya, 2) Hasil Pemberdayaan Pemuda melalui Usaha Ekonomi Produktif di Karang Taruna Taman Bina Karya, dan 3) Faktor Pendukung dan Penghambat Pemberdayaan Pemuda melalui Usaha Ekonomi Produktif di Karang Taruna Taman Bina Karya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian adalah pengurus, anggota dan koordinator usaha. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan peneliti melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Proses pemberdayaan pemuda melalui usaha ekonomi produktif di Karang Taruna Taman Bina Karya dilakukan dengan lima tahapan yaitu tahap analisis kebutuhan, tahap penyadaran, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi/penilaian. 2) Hasil pemberdayaan pemuda melalui usaha ekonomi produktif di Karang Taruna Taman Bina Karya meliputi kecakapan vokasional, kecakapan sosial, kecakapan personal, dan kecakapan akademik. 3) Faktor pendukung pemberdayaan pemuda yaitu pihak pemerintah Desa Tamanmartani, Kader PKK Desa, pamong Desa, sumber daya manusia, dan proposal kegiatan Karang Taruna. Faktor penghambatnya adalah waktu dan kepentingan pemuda yang berbeda-beda, pelatihan kewirausahaan masih kurang, pengetahuan tentang pembukuan usaha masih minim, dan pelaksanaan acara di Desa yang diadakan pagi hari.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pls

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Journal of Society and Continuing Education. Journal periodically published three times in January, May, and September. Contains writings raised from the results of research and critical analysis studies in the fields of: 1. Non-formal Education 2. Community Empowerment 3. Social Innovation 4. Human ...