Journal of Society and Continuing Education
Vol 2, No 3 (2021)

Program Pemberdayaan Petani melalui Kewirausahaan Tani oleh Koperasi AMBOY Kabupaten Bantul

Nisa Qurrotu Aini (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Pelaksanaan program pemberdayaan petani melalui kewirausahaan tani oleh Koperasi AMBOY Kabupaten Bantul, (2) Hasil program pemberdayaan petani melalui kewirausahaan tani oleh Koperasi AMBOY Kabupaten Bantul, (3) Mengetahui faktor penghambat dalam pelaksanaan kegiatan yang diselenggarakan oleh Koperasi AMBOY Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian adalah ketua koperasi, pengurus koperasi, dan anggota koperasi. Penentuan subyek dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukanna bahwa: (1) Melaksanaan program pemberdayaan melalui analisis kebutuhan yang disesuaikan dengan potensi lingkungan, peningkatan pengetahuan dan keterampilan melalui pendidikan dan pelatihan, dan pendampingan melalui diskusi. (2) Hasil dari program pemberdayaan petani melalui kewirausahaan tani adalah terciptanya kemandirian anggota koperasi dalam menjalankan kewirausahaan tani, meningkatkan penghasilan dan pengetahuan, menjalin relasi yang luas. (3) Faktor penghambat dalam melaksanakan kegiatan berasal dari faktor internal meliputi keinginan, kemampuan, usia, dan faktor eksternal meliputi minimnya sarana dan prasarana, terbatasnya alat produksi dan minimnya dana.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pls

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Journal of Society and Continuing Education. Journal periodically published three times in January, May, and September. Contains writings raised from the results of research and critical analysis studies in the fields of: 1. Non-formal Education 2. Community Empowerment 3. Social Innovation 4. Human ...