Journal of Society and Continuing Education
Vol 1, No 2 (2020)

Pemberdayaan Perempuan Pekerja Melalui Home Industry Sale Pisang Indolia Untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga di Dusun Cibenon Kecamatan Sidareja Kabupaten Cilacap Jawa Tengah

Wahyuningsih Wahyuningsih (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
14 May 2020

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) medeskripsikan pelaksanaan pemberdayaan perempuan, (2) mendeskripsikan dampak pemberdayaan perempuan, (3) mendeskrisikan faktor pendorong dan menghambat dalam pelaksanaan pemberdayaan perempuan melalui home industry sale pisang indolia. Pendekatan pelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dimana data diperoleh melalui proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Model miles and Huberman dimana langkah – langkah analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pelaksanaan pemberdayaan perempuan melalui home industry sale pisang indolia meliputi empat tahap yaitu penyadaraan, rekrutmen, proses pendampingan dan evaluasi, (2) dampak pemberdayaan perempuan melalui home industry sale pisang indolia dari aspek ekonomi dan pendidikan, (3) faktor pendukung pemberdayaan perempuan melalui home industry sale pisang indolia respon positif dari masyarakat, cuaca yang mendukung, potensi alam yang memadai dan faktor penghambat yaitu tenaga kerja yang tidak mencukupi jika permintaan banyak, cuaca yang tidak menentu seperti musim hujan sehingga karyawan tidak dapat menjemur olahan sale pisang dan terbatasannya oven yang tersedia.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pls

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Journal of Society and Continuing Education. Journal periodically published three times in January, May, and September. Contains writings raised from the results of research and critical analysis studies in the fields of: 1. Non-formal Education 2. Community Empowerment 3. Social Innovation 4. Human ...