Journal of Society and Continuing Education
Vol 2, No 2 (2021)

Pemberdayaan Perempuan di Taman Bacaan Masyarakat Mata Aksara Kabupaten Sleman, Yogyakarta

Ketfiyah Ketfiyah (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
14 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi proses pada pemberdayaan perempuan di Taman Bacaan Masyarakat Mata Aksara Kabupaten Sleman, Yogyakarta, (2) mengidentifikasi respon atau tanggapan masyarakat pada pemberdayaan perempuan di Taman Bacaan Masyarakat Mata Aksara Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Mata Aksara Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Subyek penelitian ini adalah pengelola TBM Mata Aksara, sasaran program pemberdayaan perempuan dan tokoh masyarakat. Metode pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis model interaktif. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi pogram meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Adapun makna dari program pemberdayaan yang telah dilakukan oleh TBM Mata Aksara adalah: (a) meningkatkan kedudukan dan peranan perempuan di berbagai bidang kehidupan, (b) meningkatkan minat baca perempuan melalui program-program yang dilakukan, dan (c) aktualisasi diri. (2) Respon atau tanggapan masyarakat meliputi: (a) Masyarakat aktif berpartisipasi dalam penyelenggaraan program pemberdayaan perempuan di TBM Mata Aksara, (b) Program yang diadakan di TBM Mata Aksara sangat bermanfaat bagi perempuan untuk mendukung kegiatan kesehariannya, dan (c) Semua komponen mendukung adanya program pemberdayaan perempuan di TBM Mata Aksara.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pls

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Journal of Society and Continuing Education. Journal periodically published three times in January, May, and September. Contains writings raised from the results of research and critical analysis studies in the fields of: 1. Non-formal Education 2. Community Empowerment 3. Social Innovation 4. Human ...