Journal of Society and Continuing Education
Vol 1, No 1 (2020)

Implementasi Prinsip - Prinsip Andragogi Dalam Proses Pembelajaran Program Kesetaraan Paket C Di PKBM Karya Manunggal Yogyakarta

Annis Tsalatsa Meliana (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang (1) implementasi prinsip- prinsip andragogi dalam proses pembelajaran program kesetaraan paket C di PKBM Karya Manunggal, (2) faktor pendukung dan penghambat, (3) manfaat bagi warga belajar program kesetaraan paket C di PKBM Karya Manunggal. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian mendeskripsikan bahwa: (1) implementasi prinsip-prinsip andragogi pada proses pembelajaran program kesetaraan paket C di PKBM Karya Manunggal dilaksanakan melalui tahapan proses pembelajaran andragogi dari Malcolm S. Knowles, dkk, yang berupa: (a) membangun iklim belajar kondusif dengan memperhatikan aspek lingkungan belajar, lingkungan masyarakat, dan awal pembelajaran, (b) menciptakan mekanisme perencaraan bersama dengan menentukan waktu pembelajaran, (c) menetapkan kebutuhan belajar melalui analisis kebutuhan, (d) merumuskan tujuan, (e) merancang pola pengalaman belajar dengan menyusun RPP, (f) melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan memperhatikan sumber belajar, metode, dan media; (2) faktor pendukung yaitu semangat tutor, tanggung jawab warga belajar, sarana prasarana, dan dukungan masyarakat sekitar, sedangkan faktor penghambat yaitu kesibukan warga belajar yang bersamaan dengan kegitan pembelajaran; (3) manfaat bagi warga belajar yaitu memberikan tambahan ilmu, wawasan, dan membangun kenyaman warga belajar dengan kegiatan pembelajaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pls

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Journal of Society and Continuing Education. Journal periodically published three times in January, May, and September. Contains writings raised from the results of research and critical analysis studies in the fields of: 1. Non-formal Education 2. Community Empowerment 3. Social Innovation 4. Human ...