Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) mendeskripsikan peran Sanggar Anak Auriga sebagai sarana pendidikan nonformal di Dusun Pundak Wetan, (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pendidikan nonformal Sanggar Anak Auriga. Penelitian metode kualitatif deskriptif, data diperoleh melalui proses observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran Sanggar Auriga sebagai sarana pendidikan nonformal yaitu sebagai wadah untuk tempat pembelajaran nonformal, hiburan edukatif, pengembangan lifeskills, dan mengembangkan inspirasi bagi anak di mana dalam menjalankan perannya terdapat adanya pembagian peranan pendidikan. (2) Faktor pendukung internal meliputi pengelola atau pendidik memberikan materi belajar yang bermanfaat dan menarik. Faktor pendukung eksternal meliputi motivasi dan dukungan dari tokoh masyarakat. Faktor penghambat internal meliputi kurangnya sarana dan prasarana pendidikan. Faktor penghambat eksternal meliputi adanya pandemik sehingga kegiatan lebih dibatasi, cuaca yang kurang bagus seperti hujan sehingga kegiatan dibatalkan, sebagian kecil dari orang tua cuek terhadap anaknya.
Copyrights © 2020