Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kedisiplinan anak usia dini di Sekolah Citaloka kelurahan Giwangan kecamatan Umbulharjo Yogyakarta. Kedisiplinan yang muncul dari anak datang ke sekolah sampai anak pulang sekolah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Pembiasaan kedisiplinan dilakukan dalam kegiatan anak-anak sehari- hari baik di dalam kegiatan pembelajaran dan diluar kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan anak usia dini di Sekolah Citaloka dibagi menjadi dua garis besar, yaitu kedisiplinan diluar kegiatan pembelajaran dan kedisiplinan didalam kegiatan pembelajaran. Kedisiplinan diluar kegiatan pembelajaran antara lain : datang tepat waktu, berbaris saat masuk kelas,meletakkan sepatu di rak, membuang sampah pada tempatnya dan antri saat pulang. Sedangkan kedisiplinan didalam kegiatan pembelajaran antara lain : bertanggung jawab atas tugas yang diberikan, merapikan mainan dan tempat duduk setelah kegiatan, berdoa sebelum dan sesudah kegiatan.
Copyrights © 2023