Journal of Society and Continuing Education
Vol 2, No 2 (2021)

Implementasi Pengelolaan Kursus Berbasis Komputer di Lembaga Pelatihan dan Kursus (LPK) RJ-COMP Yogyakarta

Fatiha Nursila (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
14 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengambarkan: (1) bentuk implementasi pengelolaan kursus berbasis komputer di LPK RJ-Comp Jogja, (2) faktor penghambat implementasi pengelolaan kursus berbasis komputer di LPK RJ-Comp Jogja, (3) upaya yang dilakukan untuk mengatasi faktor penghambat implementasi pengelolaan kursus berbasis komputer di LPK RJ- Comp Jogja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek dalam penelitian ini adalah pimpinan, pengajar/tentor, dan peserta didik. Obyek penelitian ini adalah pengelolaan kursus berbasis kompuerisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi pengelolaan kursus berbasis komputer di RJ-Comp Jogja sudah dikelola cukup baik meskipun masih ada kekurangan di dalamnya. Bentuk implementasi pengelolaan kursus berbasis komputer di RJ-Comp Jogja dilakukan dengan cara koordinasi antara Direktur dengan semua pengajar atau tentor, koordinasi bertujuan merumuskan materi kursus yang disesuaikan dengan minat dan kebutuhan peserta didik, waktu dan jadwal pelaksanaan kursus dilaksanakan secara fleksibel berdasarkan kesepakatan antara pengajar dengan peserta didik, program kursus berbasis komputer yang diselenggarakan RJ-comp Jogja meliputi, teknis, multimedia, design teknik, design web, bisnis online dan pemogramman, perkantoran. (2) faktor penghambat, yaitu alat praktik komputer kurang lengkap dan jumlah tenaga pengajar tetap masih kurang. Upaya mengatasi hambatan, yaitu meningkatkan koordinasi dalam hal pengadaan pendanaan untuk melengkapi alat praktik komputer, dan menambah jumlah pengajar atau tentor.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pls

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Journal of Society and Continuing Education. Journal periodically published three times in January, May, and September. Contains writings raised from the results of research and critical analysis studies in the fields of: 1. Non-formal Education 2. Community Empowerment 3. Social Innovation 4. Human ...