Journal of Society and Continuing Education
Vol 3, No 2 (2022)

Manfaat Pelaksanaan Program Pelatihan Hantaran bagi Peserta Didik di Sanggar Kegiatan Belajar Bantul Yogyakarta

Siti Nurjana (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
14 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pelaksanaan program pelatihan hantaran di SKB Bantul, 2) hasil pelaksanaan program pelatihan hantaran di SKB Bantul, 3) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program pelatihan hantaran di SKB Bantul, 4) manfaat pelaksanaan program pelatihan hantaran bagi peserta didik di SKB Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) proses pelaksanaan program pelatihan hantaran terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap perencanaan dan pelaksanaan, program pelatihan hantaran sudah maksimal dan sesuai dengan prinsip pelatihan. Sementara, pada tahap evaluasi diketahui belum maksimal sebab pengelola tidak melakukan evaluasi program melainkan hanya sebatas evaluasi pembelajaran saja. 2) hasil pelaksanaan program pelatihan hantaran telah tercapai, yaitu terjadinya peningkatan aspek afektif, kognitif dan psikomotorik. 3) faktor pelaksanaan program pelatihan hantaran meliputi: a) Faktor pendukung: semangat dan antusias peserta, dukungan keluarga dan pemerintah, kesesuaian materi, instruktur berkompeten dan letak SKB strategis; b) Faktor penghambat: tidak ada pendampingan secara rutin setelah pelatihan, dana terbatas, sarana prasarana kurang memadai, cuaca/kondisi alam dan jarak. 4) manfaat pelaksanaan program pelatihan hantaran dikelompokkan menjadi dua, yaitu ekonomi dan sosial. Dalam bidang ekonomi meliputi: peningkatan pendapatan, pemenuhan kebutuhan hidup, perluasan usaha dan pemerolehan pekerjaan. Dalam bidang sosial meliputi: perluasan relasi pertemanan, peningkatan kepedulian sosial, penghargaan diri dari lingkungan serta peningkatan partisipasi di organisasi masyarakat. Berdasarkan temuan tersebut, maka perlu dilakukan pendampingan secara rutin agar alumni peserta dapat berkembang dengan maksimal serta pengadaan evaluasi program agar pelatihan hantaran selanjutnya dapat berjalan dengan baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pls

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Journal of Society and Continuing Education. Journal periodically published three times in January, May, and September. Contains writings raised from the results of research and critical analysis studies in the fields of: 1. Non-formal Education 2. Community Empowerment 3. Social Innovation 4. Human ...