Penelitian mengandung tujuan [Ma1] [WM2] yakni mengetahui pengaruh penggunaan media poster terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPS kelas VII di MTs Al-Khoirot dan untuk mengetahui keefektifan penerapan media poster pada pembelajaran IPS kelas VII di MTs Al-Khoirot. Menggunakan metode kuantitatif jenis Quasi Eksperimen. Angket digunakan sebagai instrumen penelitian yang telah dilakukan uji kevalidan serta kereliabilitasannya digunakan sebagai pengumpulan data pada penelitian ini. Pengujian hipotesis dengan Uji Independent t-Test, memperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel (thitung > ttabel = 2,939 > 1,697) dengan nilai signifikansi (sig.2-tailed) 0,006 < 0,05. Maka hipostesis yang diajukan diterima, maka ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media poster berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPS kelas VII di MTs Al-Khoirot. Uji Paired Sampel t-Testpada kemampuan berpikir kritis pada penyebaran 1 dan 2 menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) 0,000<0,05 sehingga ditarik kesimpulan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk penyebaran angket awal serta akhir memiliki perbedaan, adanya perbedaan rata-rata tersebut membuktikan bahwa pembelajaran IPS kelas VII di MTs Al-Khoirot efektif mengggunakan media poster [Ma1] [WM2]
Copyrights © 2023