EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 2 (2023)

Model PBL Berbasis Kearifan Lokal Kota Palembang untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi pada Materi Pecahan kelas 3 SD

Winda Eprilia (Universitas Sriwijaya)
Devi Damayanti (Universitas Sriwijaya)
Hasmalena Hasmalena (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2023

Abstract

Latar belakang dilaksanakan peneltian ini dikarenakan kesulitan peserta didik dalam memahami soal matematika berbasis cerita atau numerasi dan kegemaran siswa terhadap kearifan lokal Kota Palembang khususnya pada makanan khas nya. Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan kemampuan numerasi peserta didik kelas 3 SD melalui model Problem Based Learning berbasis kearifan lokal makanan khas kota Palembang pada materi pecahan.Penelitian ini menggunakan metode PTK atau biasa dikenal dengan Penelitian Tindakan Kelas. PTK pada penelitian ini dilaksanakan melalui 3 fase yang dikemas melalui 3 siklus pembelajaran, terdiri atas Pra-Siklus, Siklus 1, dan Siklus 2 yang selanjutnya dilakukan evaluasi mengenai hasil belajar peserta didik kelas 3 yang berjumlah 26 peserta didik, terdiri atas 14 perempuan, dan 12laki-laki sebagai subjek penelitian. Sedangkan Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi terkait hambatan dan minat peserta didik dan hasil belajar dengan model PBL berbasis kearifan lokal.  Hasil dari penelitian ini membuktikan adanya peningkatan kemampuan analisis soal numerasi materi pecahan dengan perolehan persentase ketuntasan pra-siklus sebesar 34,61 %, ketuntasan siklus 1 sebesar 92,30 %, dan siklus 2 sebesar 100%. Berdasarkan hasil siklus tersebut dapat disimpulkan bahwa Model PBL Berbasis Kearifan lokal terbukti dapat meningkatkan kemampuan numerasi peserta didik SD Kelas 3 khususnya pada materi pecahan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...