Living Islam: Journal of Islamic Discourses
Vol. 6 No. 2 (2023)

PEMIKIRAN FILSAFAT IBNU SINA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN DALAM AL-QUR’AN

Aman, Abu (Unknown)
Mulisi, Ali Sibro (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2023

Abstract

Abstract This study aims to examine the correlation of education according to Ibn Sina's thought and education according to the Qur'an. This research is a literacy study, tracing references or sources in the form of articles and journals to obtain data and references related to Ibn Sina's thought. This research model is historical factual. The method used is interpretation, this method tries to describe the contents of the book and other sources accurately. The second method is induction and deduction, by analyzing all parts one by one from the references found in relation to the others or called induction. Data collection and analysis techniques were carried out with reference to the method used. After doing the analysis, then comparisons are made in terms of similarities from various sources so as to produce conclusions about Ibn Sina's educational thinking which is directed at developing all the potential that a person has towards perfect development and efforts to prepare a person to be able to live in society together by doing work or the expertise he chooses according to his talent, readiness, inclination and potential as well as comparisons of education according to the Qur'an which include al-Tarbiyah, al-Ta'lim, al-Tazkiyah, al-Tadris, al-Tafaquh, al -Ta'aqul, al-Tadabbur, al-Tadzkirah, al-Tafakkur, al-Mau'idzah. Keyword: education; ibnu sini; Al-qur’an Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji korelasi pendidikan menurut pemikiran ibnu sina dan pendidikan menurut Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian studi literasi, menelusuri referensi atau sumber-sumber baik berupa artikel maupun jurnal untuk memperoleh data dan referensi yang berkaitan pemikiran ibnu sina. Model penelitian ini bersifat historis faktual. Metode yang digunakan ialah interpretasi, metode ini berusaha menguraikan isi buku dan sumber-sumber lainnya secara tepat. Metode kedua adalah induksi dan deduksi, dengan menganalisis seluruh bagian satu per satu dari referensi-referensi yang ditemukan dalam hubungannya dengan yang lain atau disebut induksi. Teknik pengumpulan dan analisis data dilakukan dengan mengacuh kepada metode yang digunakan. Setelah melakukan analisis, kemudian dilakukan perbandingan dalam hal persamaan dari berbagai sumber sehingga menghasilkan kesimpulan tentang pemikiran pendidikan ibnu sina yang bersifat arahan pada pengembangan seluruh potensi yang dimiliki seseorang ke arah perkembangannya yang sempurna dan upaya mempersiapkan seseorang agar dapat hidup di masyarakat secara bersama dengan melakukan pekerjaan atau keahlian yang dipilihnya sesuai dengan bakat, kesiapan, kecenderugan dan potensi yang dimilikinya serta perbandingan mendidikan menurut Al-Qur’an yang diantaranya adalah al-Tarbiyah, al-Ta’lim, al-Tazkiyah, al-Tadris, al-Tafaquh, al-Ta’aqul, al-Tadabbur, al-Tadzkirah, al- Tafakkur, al-Mau’idzah. Kata kunci: pendidikan; ibnu sini; Al-qur’an

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

li

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Living Islam: Journal of Islamic Discourses merupakan jurnal yang berada di bawah naungan Prodi Pascasarjana Aqidah dan Filsafat Islam, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga. Living Islam: Journal of Islamic Discourses didesain untuk mewadahi dan ...