JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 13 No 2 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Cyber KineMaster pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

St. Safira Alawiyah (Universitas Mataram)
Muhammad Makki (Universitas Mataram)
Ketut Sri Kusuma Wardani (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Permasalahan yang terjadi di kelas IV-B SDN 22 Ampenan adalah guru jarang menggunakan media pembelajaran khususnya berbasis IT pada mata pelajaran IPA, akibatnya pemahaman siswa pada materi kurang optimal yang dibuktikan dengan data hasil belajar siswa dibawah standar KKM yakni ≤75. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kevalidan pengembangan media pembelajaran berbasis cyber kinemaster pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV sekolah dasar, mendeskripsikan tingkat kelayakan pengembangan media pembelajaran berbasis cyber kinemaster pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV sekolah dasar. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari define, design, develop, dan dissiminate. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket validasi ahli materi dan ahli media, angket respon guru, dan angket respon siswa. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan validasi ahli materi diperoleh nilai 93% dengan kategori sangat valid, dan validasi ahli media diperoleh nilai 90% dengan kategori sangat valid, kelayakan respon guru diperoleh nilai 91% dengan kategori sangat layak, dan respon siswa diperoleh nilai 94% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Cyber KineMaster telah memenuhi kriteria valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran IPA di kelas IV sekolah dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...