Tindak tutur merupakan perilaku tuturan atau ujaran yang digunakan oleh pengguna bahasa dalam kegiatan komunikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan wujud tuturan imperatif yang dituturkan guru dalam proses pembelajaran di SD Negeri Sidamulya 01 dan untuk mendeskripsikan implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Wujud data dalam penelitian ini berupa penggalan-penggalan tuturan imperatif yang disampaikan oleh guru SD Negeri Sidamulya 01. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak, teknik catat, teknik rekam, dan teknik simak bebas libat cakap. Teknik analisis data menggunakan metode padan pragmatis serta dalam penyajian data menggunakan metode informal. Berdasakan hasil dari penelitian ini, terdapat 40 data tuturan imperatif. Hasil dari penelitian ini dapat diimplikasikan pada materi ajar di SMA kelas XI semester 1 K13 (kurtilas) yaitu pada KD 3.2 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur.
Copyrights © 2023