JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 7 Subtema 1 Kelas V SDN 26 Situngkir T.A 2022/2023

Arifin Siregar (Universitas Negeri Medan)
Ekristia Sinaga (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar siswa tema 7 peristiwa dalam kehidupan subtema 1 peristiwa kebangsaan masa penjajahan pembelajaran 1 kelas V SDN 26 Situngkir T.A 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-postest. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas V di SDN 26 Situngkir yang berjumlah 20 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 20 orang. Instrumen dalam penelitian ini berupa dokumentasi dan tes hasil belajar siswa tema 7 subtema 1 pembelajaran 1 sebanyak 25 soal pilihan berganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan dilanjut dengan uji hipotesis yaitu uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terdapat pengaruh yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dan dibuktikan dari rata-rata hasil belajar siswa, hasil analisis uji perbandingan rata-rata nilai pretest diperoleh 39,6 sedangkan hasil rata-rata nilai postest yaitu 82,6.Hasil uji-t menunjukkan thitung ? ttabel. thitung = 22,62993 sedangkan ttabel = 1,68595 yaitu 22,62993 ? 1,68595. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dengan pernyataan terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar siswa tema 7 subtema 1 kelas V SDN 26 Situngkir T.A 2022/2023.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...