JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Analisis Asesmen Diagnostik untuk Menentukan Profiling Gaya Belajar Siswa Kelas 4 dalam Pembelajaran di SDN Pandeanlamper 01 Semarang

Alda Refayanti Agustina (Universitas PGRI Semarang)
Mudzanatun Mudzanatun (Universitas PGRI Semarang)
Aries Tika Damayani (Universitas PGRI Semarang)
Paryati Paryati (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Analisis Asesmen Diagnostik Untuk Menentukan Profiling Gaya Belajar Siswa Kelas 4 Dalam Pembelajaran di SDN Pandeanlamper 01 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar siswa di kelas 4 dalam pembelajaran di SDN Pandeanlamper 01. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas 4 SDN Pandeanlamper 01 Semarang. Sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas 4 di SDN Pandeanlamper 01 Semarang siswanya sudah mengetahui gaya belajar, sebagaian besar siswa kelas 4 didominasi oleh gaya belajar jenis kinestetik. Terlihat saat peneliti mengobservasi siswa saat melakukan pembelajaran, siswa lebih cenderung aktif dalam pembelajaran praktik dan juga adanya ice breaking, siswa sangat antusias mengikuti gerakan tersebut. Berdasakan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah dengan mengetahui gaya belajar guru bisa merancang hasil asesmen gaya belajar kedalam materi pembelajaran dengan menyesuaikan media dan metode dengan gaya belajar siswa, sehingga lebih mudah bagi siswa untuk menerima dan memahami materi yang disampaikan oleh guru.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...