Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang membuat siswa terbiasa untuk berfikir secara sistematis, ilmiah dan kritis. Dalam pembelajaran Matematika, siswa seringkali mengalami kesulitan baik dalam pemahaman bahasa yang kurang ataupun kesulitan dalam berhitung. Dengan penggunaan media pembelajaran konkret, diharapkan dapat memberikan wujud nyata dalam materi pembelajaran dan menumbuhkan minat perhatian dan motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa kelas 2 pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan media pembelajaran konkrit di SDN Wonotingal Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa melalui media pembelajaran konkret, motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika terlihat sangat baik. Simpulan dari penelitian ini yaitu adanya motivasi belajar yang sangat baik pada siswa kelas 2 dalam mata pelajaran Matematika melalui media konkret di SDN Wonotingal Semarang.
Copyrights © 2023