JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Analisis Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Media Konkret di Kelas 2

Ika Syafitri (Universitas PGRI Semarang)
Henry Januar Saputra (Universitas PGRI Semarang)
Farida Nursyahidah (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2023

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang membuat siswa terbiasa untuk berfikir secara sistematis, ilmiah dan kritis. Dalam pembelajaran Matematika, siswa seringkali mengalami kesulitan baik dalam pemahaman bahasa yang kurang ataupun kesulitan dalam berhitung. Dengan penggunaan media pembelajaran konkret, diharapkan dapat memberikan wujud nyata dalam materi pembelajaran dan menumbuhkan minat perhatian dan motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa kelas 2 pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan media pembelajaran konkrit di SDN Wonotingal Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa melalui media pembelajaran konkret, motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika terlihat sangat baik. Simpulan dari penelitian ini yaitu adanya motivasi belajar yang sangat baik pada siswa kelas 2 dalam mata pelajaran Matematika melalui media konkret di SDN Wonotingal Semarang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...