JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Pengaruh Kebijakan Hutang, Kebijakan Dividen, dan Struktutur Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (Bei) Periode 2019 – 2022

Imelda Scholastika Ubas Bataona (Universitas Mercu Buana Yogyakarta)
Shadrina Hazmi (Universitas Mercu Buana Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kebijakan hutang, kebijakan dividen dan struktur kepemilikan institusional terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor barang konsumsi yang terdaftar di BEI periode 2019 – 2022. Kebijakan hutang diukur dengan debt equity ratio (DER), kebijakan dividen diukur dengan dividend payout ratio (DPR), dan strukur kepemilikan institusional yang diukur dengan INS. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur sub sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2019 – 2022 sebanyak 86 perusahaan. pengambilan sampe menggunkan metode puposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 25 perusahaan. teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan studi pustaka (library research). Teknik analisis data yang digunakan statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa : (1) Kebijakan hutang tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. (2) Kebijakan dividen berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. (3) Kepemilikan institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. (4) Kebijakan hutang, kebijakan dividen dan kepemilikan institusional secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...