JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila pada Era Society 5.0 di Kelas 5 Sekolah Dasar

Dika Amrina Rosada (Universitas PGRI Palembang)
Sukardi Sukardi (Universitas PGRI Palembang)
Murjainah Murjainah (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Profil Pelajar Pancasila di era Society 5.0 di Kelas 5 SD. SD Negeri 1 Timbul Harjo telah mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila sejak tahun 2021 di kelas 1, 2, 4 dan 5. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, metode ini berusaha menggambarkan objek sebagaimana adanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Profil Pelajar Pancasila di Era Society 5.0 di Kelas 5 SD Negeri 1 Timbul Harjo sudah berjalan dengan lancar, setiap dimensi Profil Pelajar Pancasila telah dilaksanakan dengan baik, mulai dari dimensi pertama yaitu Iman, Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Moral Mulia baik, dimensi kedua Keanekaragaman Global baik, dimensi ketiga Baik Gotong Royong, dimensi keempat Mandiri, dimensi kelima Baik Penalaran Kritis, dan dimensi keenam Kreatif. Untuk penggunaan teknologi, guru menggunakan teknologi yang sudah ada seperti proyektor dan aplikasi Quizziz. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan Profil Pelajar Pancasila di Era Masyarakat 5.0 di kelas 5 SD Negeri 1 Timbul Harjo dikategorikan baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...