Minat belajar siswa dalam setiap pembelajaran yang dilakukan disekolah berkategori rendah karena penyajian dalam materi yang disampaikan guru kurang menarik dan kurangnya inovasi serta kreativitas dalam setiap pembelajaran yang dilakukan, oleh karena itu guru berinisiatif untuk menerapkan kegiatan literasi digital sebelum memulai pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital terhadap minat belajar siswa. Berdasarkan data hasil penelitian yang sudah peneliti lakukan jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah ex post facto dengan analisis regresi. Populasi dalam penelitian berjumlah 60 siswa.berdasarkan teknik Simple random sampling maka sampel penelitian sejumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis regresi menggunakan uji normalitas dan linieritas. Teknik pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikam antara literasi digital (X) terhadap minat belajar (Y) di SDN 34 Palembang. Dengan hipotesisi yang didapat terdapat pengaruh antara literasi digital terhadap minat belajar siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan perhitungan analisis regresi linier sederhana yang menunjukkan bahwa variabel literasi digital (X) mempengaruhi variabel minat belajar (Y) sebesar 0,754 dengan tanda positif, atau yang artinya semakin baik literasi digital dilaksanakan maka semakin baik pula minat belajar siswa, serta dapat diperkuat dengan hasil perhitungan uji F yang menunjukkan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (15,035>4,210) yang berarti signifikan.
Copyrights © 2023