Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa SMA kelas X SMA Negeri 2 Semarang pada materi statistika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Penelitian ini mengambil 3 siswa dari tiap kelas X yang telah mengerjakan asesmen formatif materi statistika. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah berupa tes tertulis dan pertanyaan wawancara yang dilakukan tiap individu. Hasil analisis data menunjukan bahwa kedua subjek penelitian dapat memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu S-1 dan S-2 sudah dapat merepresentasikan persoalan ke dalam bentuk tabel menggunakan model matematika dengan tepat, mampu menjelaskan jawaban dalam bentuk uraian yang relevan dan dapat memberikan penjelasan hasil pengerjaan berupa kesimpulan yang tepat. Sedangkan untuk S-3 belum mampu menjelaskan jawaban dalam bentuk uraian dengan tepat dan tidak memberikan kesimpulan atas jawabannya yang dikerjakannya. Kesalahan tersebut diakibatkan karena S-3 kurang teliti dalam menyelesaikan soal komunikasi matematis.
Copyrights © 2023