JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal)
Vol 6 No 2 (2023): JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal) Juli 2023

EFEKTIVITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN BRIDGING ANALOGY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 ANGKOLA TIMUR

Riko Saputra Tambunan (Unknown)
Roslian lubis (Unknown)
Eva Yanti Siregar (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran bridging analogy untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini terdiri dari 5 kelas yang berjumlah 105 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan tes. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian gambaran penggunaan model pembelajaran bridging analogy berada pada kategori baik dengan perolehan nilai rata-rata 2,90. Gambaran kemampuan penalaran matematis siswa sebelum menggunakan model pembelajaran problem based learning berada pada kategori kurang dengan perolehan nilai rata-rata 57,3, sedangkan sesudah menggunakan model pembelajaran bridging analogy berada pada kategori sangat baik dengan perolehan nilai rata-rata 93,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran bridging analogy dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

MathEdu

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Ruang lingkup artikel ilmiah yang dapat diterbitkan dalam jurnal ini adalah sebagai berikut: Model Pembelajaran Matematika, Media dan Multimedia Pembelajaran Matematika, Kurikulum dalam Pendidikan Matematika, Penilaian (Assesment) dan Evaluasi dalam Pendidikan Matematika, Pengembangan Profesional ...