SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga
Vol. 4 No. 2 (2023): SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga

Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Motorik Melalui Penerapan Pendekatan Bermain

Diana Puspitasari (Universitas Negeri Surabaya)
Sasminta Christina Yuli Hartati (Universitas Negeri Surabaya)
Nasikin (SDN Manukan Wetan IV/616, Surabaya)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar gerak dasar motorik. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yangmana dilakukan pada tiga tahap/siklus dengan sampel peserta didik kelas II yang berjumlah 20 peserta didik yang terdiri dari 10 siswa dan 10 siswi. Teknik pengumpulan data yakni tes berupa soal pengetahuan, unjuk kerja berdasarkan proses pembelajaran aktivitas gerak dan juga teknik non tes berupa pengamatan sikap peserta didik pada saat pembelajaran. Analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, melalui pendekatan bermain ada peningkatan hasil belajar gerak dasar motorik yang dibuktikan melalui analisis pada siklus I diperoleh hasil rerata presentase keberhasilan sebesar 51,7%, kemudian pada siklus II diperoleh hasil rerata presentase keberhasilan sebesar 66,7% dan pada siklus III diperoleh hasil presentase keberhasilan sebesar 85%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sprinter

Publisher

Subject

Physics Other

Description

SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga merupakan jurnal penelitian, kajian pustaka, dan review pada bidang pendidikan olahraga, ilmu olahraga, kepelatihan olahraga, dan pariwisata ...