Retorika: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol. 1 No. 1 (2020): Juni

Transformasi Cerita Rakyat Asal Mula Kampung Dhoki Ke Dalam Naskah Drama

Maria Larasati (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Flores)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2020

Abstract

Penelitan dengan judul Transformasi Cerita Rakyat Asal Mula Kampung Dhoki ke dalam naskah drama ini membahas tahap-tahap menulis naskah drama dari cerita rakyat yang belum dibukukan (lisan) menjadi sebuah naskah drama. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah transformasi cerita rakyat Asal Mula Kampung Dhoki ke dalam naskah drama? Tujuan dari penelitan ini untuk mendeskripsikan transformasi cerita rakyat Asal Mula Kampung Dhoki menjadi naskah drama. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik rekam dan teknik mencatat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Menulis Naskah Drama. Hasil penelitian ini mendeskripsikan dari 6 peristiwa yang terdapat dalam cerita rakyat Asal Mula Kampung Dhoki dapat ditransformasikan ke dalam bentuk naskah drama menjadi 6 adegan dan 125 dialog berbahasa Indonesia dengan mengikuti langakah-langkah: (1) memilih atau menentukan cerita rakyat (2) melakukan terjemahan glos (3) menarasikan cerita rakyat atau terjemahan bebas (4) membuat siklus karakter tokoh pada naskah drama (5) menentukan alur dalam naskah drama, sekaligus menentukan konflik yang terdapat dalam cerita rakyat (6) mentransformasikan cerita rakyat menjadi naskah drama.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

RJPBSI

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

RETORIKA merupakan Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Flores, Ende. Jurnal dengan visi “menjadi jurnal terakreditasi di bidang pembelajaran bahasa, sastra, dan pengajaran”, mengemban tiga misi: ...