Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia
Jurnal Ilmiah Indonesia

Peningkatan Mutu Sekolah Dasar Negeri Melalui Implementasi Total Quality Management

Erna Kusumawati (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2022

Abstract

Tujuan penelitian untuk melihat implementasi pelaksanaan Total Quality Management (TQM) di SDN Poris Pelawad 3. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai alat pengumpul data. Narasumber terdiri dari kepala sekolah, guru, staf sekolah dan komite sekolah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa SDN Poris Pelawad 3 telah melaksanakan TQM dengan baik. Hal ini ditandai dengan Sekolah Dasar Negeri Poris Pelawad 3 sudah mengadopsi konsep Total Quality Management. Hasil penelitian mengacu pada teori dari Goetsch dan Davis yaitu: 1. Fokus pada pelanggan. 2. Obsesi terhadap kualitas. 3. Pendekatan ilmiah. 4. Komitmen jangka panjang. 5. Kerjasama tim, kemitraan, dan hubungan dijalin dan dibina. 6. Perbaikan sistem secara berkesinambungan. 7. Pendidikan dan pelatihan. 8. Kebebasan yang terkendali. 9. Kesatuan tujuan. 10. Adanya keterlibatan dan pemberdayaan. Implikasinya agar semua stakeholder sekolah mampu melaksanakan TQM sehingga mutu pendidikan di SDN Poris Pelawad 3 khususnya dan sekolah dasar negeri lainnya dapat terjaga dan terus meningkat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

syntax-literate

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia is a peer-reviewed scientific journal that publishes original research and critical studies in various fields of science, including education, social sciences, humanities, economics, and engineering. The journal aims to provide a platform for researchers, ...