Kebutuhan dana suatu perusahaan akan terus meningkat seiring dengan perkembangan dan pertumbuhan perusahaan. Perusahaan yang mebutuhkan dana tentunya tidak hanya mengandalkan pihak internal perusahaan saja, maka dari itu dengan adanya keterbatasan tersebut sebuah perusahaan melakukan go public dengan cara menjual sahamnya kepada publik. Initial Public Offering (IPO) merupakan penawaran saham untuk pertamakalinya kepada masyarakat luas. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dikemukakan di bab terdahulu, maka dapat diambil kesimpulan bahwa :1) Variabel ROA berpengaruh terhadap initial return (Y) pada perusahaan yang melakukan Initial Public Offering di Bursa Efek Indonesia. 2) Variabel DER berpengaruh terhadap initial return (Y) pada perusahaan yang melakukan Initial Public Offering di Bursa Efek Indonesia. 3) Variabel Size berpengaruh terhadap initial return (Y) pada perusahaan yang melakukan Initial Public Offering di Bursa Efek Indonesia. 4)Variabel reputasi tidak berpengaruh terhadap initial return (Y) pada perusahaan yang melakukan Initial Public Offering di Bursa Efek Indonesia.
Copyrights © 2023