Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia
Jurnal Ilmiah Indonesia

Evalusi Program Pelatihan Internet Of Things Dengan Model CIPP di BLK Sambas

Utari Hesti Lestari (Magister FKIP Universitas Tanjungpura)
Indri Astuti (Magister FKIP Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap program pelatihan Internet of Things (IoT) dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product) di Balai Latihan Kerja (BLK) Sambas. IoT menjadi topik yang semakin penting dalam era digital, dan pelatihan IoT di BLK Sambas dianggap sebagai langkah yang tepat untuk mempersiapkan peserta pelatihan dalam menghadapi tantangan teknologi masa depan. Metode evaluasi yang digunakan adalah model CIPP yang terdiri dari empat elemen utama, yaitu konteks, input, proses, dan produk. Evaluasi dilakukan dengan mengumpulkan data melalui observasi langsung, wawancara dengan peserta pelatihan dan instruktur, serta analisis dokumen terkait pelatihan IoT di BLK Sambas. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa program pelatihan IoT di BLK Sambas memiliki konteks yang relevan dengan kebutuhan peserta pelatihan dan potensi pasar kerja di bidang IoT. Input program, seperti kurikulum pelatihan, materi pelatihan, dan fasilitas, juga dinilai memadai dalam mendukung tujuan pelatihan. Proses pelatihan yang dilakukan di BLK Sambas mencakup kombinasi antara teori dan praktek, dengan menggunakan alat dan perangkat IoT yang relevan. Instruktur pelatihan dianggap berkualitas dan mampu memberikan bimbingan yang baik kepada peserta pelatihan. Produk dari program pelatihan IoT diukur melalui penilaian kemampuan peserta pelatihan dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama pelatihan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

syntax-literate

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia is a peer-reviewed scientific journal that publishes original research and critical studies in various fields of science, including education, social sciences, humanities, economics, and engineering. The journal aims to provide a platform for researchers, ...