Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
Vol 5, No 2 (2017): OKTOBER 2017

ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MERANCANG RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN FISIKA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI KOTA BANDA ACEH

Ernawati Ernawati (Unknown)
Rini Safitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2017

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian RPP guru fisika se-Kota Banda Aceh dengan tuntutan kurikulum 2013 dan menganalisis kesulitan yang dihadapi oleh guru dalam menyusun RPP. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Objek penelitian ini adalah RPP yang telah disusun oleh guru. Data diperoleh melalui studi dokumentasi, angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rerata telaah RPP adalah 68,4. Skor tersebut berada pada kategori kurang. Ada beberapa catatan yang didapatkan dari hasil penelaahan, yaitu: perumusan indikator (66,67%), kegiatan pembelajaran dengan sintak model  yang dipilih (41,67%), alokasi waktu (41,67%) serta penyusunan rubrik penilaian (41,67%).  Ada beberapa kesulitan yang dialami guru dalam menyusun RPP, yaitu: (1) 83,33% belum mendapatkan pelatihan kurikulum 2013; (2) 33,33% menggunakan komputer dan internet; (3) merumuskan indikator 66,67%; (4) pemilihan pendekatan /metode/strategi pembelajaran 41,67%; (5) mengembangkan aktivitas pembelajaran 33,33%; (6) menyusun tehnik dan instrumen penilaian 25%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa RPP yang telah disusun belum sepenuhnya sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 serta ada beberapa kesulitan yang dialami guru dalam penyusunan RPP.Kata Kunci : kesulitan guru fisika, rpp, kurikulum 2013

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for ...