Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
Vol 5, No 1 (2017): April 2017

RELEVANSI KURIKULUM DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERINTEGRASI MAHASISWA KIMIA, FISIKA, BIOLOGI DAN MATEMATIKA

Nuzulia Nuzulia (Unknown)
Adlim Adlim (Unknown)
Cut Nurmaliah (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan KPS terintegrasi antara mahasiswa prodi pendidikan biologi, kimia, fisika pada tahun 2015, 2014, dan 2013; perbedaan KPS terintegrasi antar mahasiswa prodi pendidikan biologi, kimia, fisika dengan prodi pendidikan matematika. Populasi penelitian ini berjumlah 813 mahasiswa dari tahun 2015, 2014, dan 2013. Sampel  penelitian ini berjumlah 360 mahasiswa. Instrumen penelitian ini adalah soal tes KPS terintegrasi dan wawancara tertutup. Teknik analisis data menggunakan avova one way dan t-test.  Berdasarkan hasil uji hipotesis Ha (1) dengan anova one way, Fh Ftab yaitu  0,97 3,04 pada taraf 5% menunjukkan tidak adanya perbedaan KPS terintegrasi antara jurusan kimia, fisika, dan biologi. Matakuliah  praktikum saja tidak cukup meningkatkan KPS mahasiswa tanpa adanya indikator yang dirancang dalam setiap praktikum mahasiswa. Uji Ha (2) dengan uji t-test diperoleh  t hit - ttab (-8,44 -5,194), Ha diterima maka ada perbedaan antara jurusan fisika, kimia, dan biologi yang memiliki mata kuliah praktikum dan matematika yang tidak memiliki mata kuliah praktikum.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for ...