Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruhmetode eksperimen terhadap keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa, pengaruh metode inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa dan perbandingan metode eksperimen dan inkuiri terbimbing.Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Unggul Baitussalam dengan sampel sebanyak 45 orang siswa di mana diambil dengan teknik RandomSampling. Metode penelitian menggunakan eksperimen Pretest-PostestControl Group Design. Analisis datametode eksperimen dan inkuiri terbimbing diperoleh melalui soal tes keterampilan proses sains dan angket sikap ilmiah siswa.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode eksperimen tidak berpengaruh terhadap keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa, dengan nilai N-Gain keterampilan proses sains sebesar 56% dan sikap ilmiah siswa sebesar 29%.Selanjutnya, metode inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa, dengan nilai N-Gain keterampilan proses sains sebesar 71% dan sikap ilmiah siswa sebesar 52%.Hasil ini menunjukkan bahwa metode inkuiri terbimbing memiliki pengaruh yangsignifikan terhadap keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa dibandingkan dengan metode eksperimen.
Copyrights © 2015