Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
Vol 7, No 1 (2019): APRIL 2019

Meningkatkan Penguasaan Konsep Mahasiswa Dengan Simulasi Physics Eduaction and Technology (PhET)

Yunita Yunita (Universitas Kyiah Kuala)
Abdul Halim (Universitas Kyiah Kuala)
Rini Safitri (Universitas Kyiah Kuala)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa pendidikan fisika Universitas Almuslim dengan menggunakan simulasi PhET. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental dengan desain jenis one group pretest posttest. Sampel penelitian diambil dengan teknik sampling jenuh (sensus). Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes diagnostik dan angket respon mahasiswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persentase rata-rata N-gain penguasaan konsep mahasiswa adalah 60% dengan kategori sedang. Uji signifikasi dilakukan dengan menggunakan uji t setelah data berdistribusi normal. Hasil uji t menunjukkan t hitung t tabel (14,03 2,13). Selain itu, tanggapan yang diberikan mahasiswa terhadap pembelajaran dengan simulasi PhET adalah positif dengan kategori baik karena berdasarkan skala Likert diperoleh skor rata-rata respon mahasiswa sebesar 3.57. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran rangkaian listrik dengan simulasi PhET dapat meningkatkan penguasaan konsep dan mendapatkan respon positif dari mahasiswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for ...