Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
Vol 3, No 2 (2015): Oktober 2015

DAMPAK PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP BERPIKIR KRITISDAN SIKAP SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA

Santi Septiana Zarita (Unknown)
Abdul Halim (Unknown)
Muhammad Syukri (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dengan pendekatan saintifik pada berpikir kritis dan sikap siswa terhadap hasil pembelajaran fisika. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan nonequivalent control group design”. Dimana populasi nya siswa kelas X4 dan X5 SMA N 8 Banda Aceh pada tahun pelajaran 2014/2015. Sampling yang digunakan untuk menentukan sampel adalah teknik cluster random sampling dengan unit samplingnya adalah kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan tes berpikir kritis dan angket sikap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Adanya dampak model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan saintifik terhadap berpikir kritis siswa (2) Adanya dampak model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan saintifik terhadap sikap siswa pada hasil pembelajaran Fisika. Hasil analisis data skor posttest dengan menggunakan uji-t menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji perbedaan ini juga diperkuat oleh rata-rata hasil N-gain kelas eksperimen, yaitu 0,75 hal ini menunjukkan bahwa model PBL dengan pendekatan saintifik memberi dampak yang baik dan menghasilkan peningkatan yang lebih baik dari pada sebelumnya.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for ...