Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
Vol 3, No 1 (2015): April 2015

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS LINGKUNGAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKATKAN MINAT DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA SMA

Husni Husni (Unknown)
Sri Adelila Sari (Unknown)
Suhendrayatna Suhendrayatna (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) perbedaan keterampilan berpikir kritis antara kelompok siswa yang belajar melalui implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis lingkungan pada materi minyak bumi dengan siswa yang belajar melalui model pembelajaran konvensional (2) perbedaan minat belajar siswa melalui implementasi model (PBL) berbasis lingkungan dengan minat belajar siswa melalui model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas X SMAN 15 Adidarma Banda Aceh Tahun Ajaran 2013/2014. Rancangan penelitian yang adalah two group pretest-postest design. Data penelitian ini dianálisis dengan análisis statistik uji t independent test dengan program software SPSS Versi 17. Hasil analisis diperoleh persentase nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen sebesar 25,00 dan kelas kontrol sebesar 24,69. Selanjutnya persentase nilai rata-rata tes akhir pada kelas eksperimen sebesar 77,35, sedangkan kelas kontrol sebesar 62,19. Rata-rata N-gain yang dinormalisasi kelas eksperimen termasuk kategori tinggi dengan nilai rata-rata 0,75 sedangkan kelas kontrol termasuk kategori sedang dengan nilai rata-rata 0,50.  Untuk N-gain yang dinormalisasi diperoleh thitung = 6,045 dengan signfikansi p = 0,000, karena signifikansi 0,05, maka dapat dikatakan bahwa peningkatan penguasaan konsep minyak bumi pada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran (PBL) berbasis lingkungan lebih baik  dibandingkan dengan penguasaan konsep minyak bumi pada siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional. Hasil N-gain keterampilan berpikir kritis diperoleh thitung = 3,44 dengan signfikansi p = 0,002, karena signifikansi 0,05, maka dapat dikatakan bahwa peningkatan keterampilan berpikir kritis pada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran (PBL) berbasis lingkungan lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional. Hasil pengisian angket siswa diperoleh bahwa dengan menggunakan model pembelajaran (PBL) berbasis lingkungan pada konsep minyak bumi yang diberikan kepada 22 siswa memberikan tanggapan yang positif dan siswa memiliki minat yang tinggi untuk mengikuti pembelajaran.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for ...