Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  peningkatan  penguasaan konsep   siswa SMA pada konsep kalor KD asas Black terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan inkuiri. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain The randomized pretest-posttest control group design. Dua kelas dipilih secara acak untuk dijadikan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa SMAN 2 Peusangan Kabupaten Bireuen pada tahun pelajaran 2012/2013. Data aktivitas siswa yang diperoleh melalui observasi, dan angket tanggapan siswa diolah menggunakan persentase skor jawaban, data pretest, posttest diolah dengan menggunakan rata-rata skor gain yang dinormalkan. Pengelohan data dilakukan  dengan statistik uji-t untuk beda rerata N-gain dengan bantuan program SPSS versi 16,0. Hasil penelitian menunjukkan guru dan siswa memberi tanggapan positif terhadap model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan inkuiri, aktivitas siswa secara keseluruhan baik. Berdasarkan N-gain dari nilai pretest dan posttest ternormalisasi menunjukkan terjadinya peningkatan penguasaan konsep siswa  pada semua indikator. Peningkatan tertinggi kelas eksperimen pada tingkat penerapan (C3) dengan N-gain sebesar 0,77 termasuk kategori tinggi dan peningkatan terendah pada tingkat  evaluasi (C5) dengan N-gain sebesar 0,30 termasuk kategori sedang. Pada kelas kontrol peningkatan tertinggi terjadi pada tingkat C4 dengan N-gain sebesar 0,51, termasuk kategori sedang dan peningkatan terendah pada tingkat C3 dengan N-gain sebesar 0,26 termasuk kategori rendah. Dapat disimpulkan  pengguanaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan inkuiri pada konsep kalor KD asas Black secara signifikan dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014