Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
Vol 4, No 1 (2016): APRIL 2016

PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI INSTRUMEN TES UNTUK MENGUKUR PENGETAHUAN PROSEDURAL DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN INKUIRI DI SMA NEGERI 10 BANDA ACEH

Junike Junike (Unknown)
Yusrizal Yusrizal (Unknown)
Abdul Halim (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan instrumen pengukuran dimensi pengetahuan prosedural dalam materi listrik dinamis. Penerapan instrumen yang telah dikembangkan menggunakan metode pembelajaran inkuiri. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen melalui pendekatan inkuiri dan Pengembangan (RD). Sampel yang digunakan sebagai uji coba instrumen adalah siswa kelas III-2. Hasil pengembangan instrumen pengukuran dimensi pengetahuan prosedural didapat reliabilitasnya dengan kategori “baik” dengan indeknya 0.75. Sedangkan hasil yang didapatkan dari kelas yang diberikan perlakuan berpengaruh lebih besar terhadap pengetahuan prosedural peserta didik dengan nilai signifikan 0,05 dan Fhitung (1,91) Ftabel (1,98). Hal ini terbukti dari nilai uji-t untuk kelas eksperimen (10,827) dari pada kelas kontrol (4,670) meskipun kedua berpengaruh signifikan.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for ...