Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan instrumen pengukuran dimensi pengetahuan prosedural dalam materi listrik dinamis. Penerapan instrumen yang telah dikembangkan menggunakan metode pembelajaran inkuiri. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen melalui pendekatan inkuiri dan Pengembangan (RD). Sampel yang digunakan sebagai uji coba instrumen adalah siswa kelas III-2. Hasil pengembangan instrumen pengukuran dimensi pengetahuan prosedural didapat reliabilitasnya dengan kategori “baik” dengan indeknya 0.75. Sedangkan hasil yang didapatkan dari kelas yang diberikan perlakuan berpengaruh lebih besar terhadap pengetahuan prosedural peserta didik dengan nilai signifikan 0,05 dan Fhitung (1,91) Ftabel (1,98). Hal ini terbukti dari nilai uji-t untuk kelas eksperimen (10,827) dari pada kelas kontrol (4,670) meskipun kedua berpengaruh signifikan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016